tugas 2 usability
USABILITY
Usability
(pendayagunaan) adalah suatu istilah yang menunjukkan kemudahan manusia untuk
menggunakan suatu alat tertentu atau objek buatan manusia lainnya untuk
mencapai tujuan tertentu. Usability juga dapat merujuk pada metode pengukuran pendayagunaan
dan kajian prinsip di balik persepsi efisiensi dan keluwesan suatu objek.
Dalam interaksi
manusia dan komputer (HCI), usability biasanya merujuk pada keluwesan dan
kejelasan interaksi dengan hasil rancangan suatu program komputer atau situs web.
a.
PRINSIP
DASAR USABILITY
Di
dalam Prinsip Usability terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu
diantaranya
· Human
Ability
· Human
Capability
· Memori
· Proses
· Observations
· penyelesaian
masalah.
b.
Kemampuan
Manusia
Kemampuan
Manusia (Human ability) adalah
suatu kemampuan pada manusia, yaitu baik dan buruknya manusia tersebut. Human Abilities terbagi menjadi 2, yaitu :
1. Human ability baik
- Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas
- Durasi LTM tidak terbatas dan komplex
- Kemampuan memahami tinggi
- Mekanisme konsentrasi powerful
- Pengenalan pola pikir powerful
2. Human ability buruk
- Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas
- Durasi STM terbatas
- Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM
- Proses yang cenderung salah
- Proses yang lambat
c.
Proses User Centered Design ( UCD )
UCD ( user Centered Design )
merupakan paradigma baru dalam pengembangan sistem berbasis web. UCD
didefinisikan sebagai “efficiency” The practice of designing a
product so that users can perform required operation, service, and supportive
tasks with a minimum of stress and maximum of efficiency. Perancangan
berbasis pengguna (User Centered design = User Centered Design = UCD)
adalah istilah yang yang digunakan untuk untuk menggambarkan filosofi
perancangan. Konsep dari UCD adalah pengguna sebagai pusat dari proses
pengembangan sistem, dan tujuan/sifat-sifat, konteks dan lingkungan sistem
semua didasarkan dari pengalaman pengguna
Gambar 2.2 merupakan gambaran mengenai
proses UCD (user centered design)
Gambar 2.2 Proses UCD
Keterangan
gambar:
1. Memahami dan
menentukan konteks pengguna
2. Menentukan
kebutuhan pengguna
3. Solusi
perancangan yang dihasilkan
4. Evaluasi
perancangan terhadap kebutuhan pengguna.
d.
Kapasitas Manusia ( penginderaan , penglihatan , pendengaran
, perabaan )
Kapasitas manusia (Human capability) yaitu mencangkup
penginderaan ( mata, telinga, kulit dll), proses informasi,dan sistem motor
sendiri.
·
Mata
Mata adalah suatu panca indera yang
berfungsi untuk melihat dan didalam panca indera mata ini terdapat dua tahap
konsep penglihatan
·
Telinga
Telinga adalah suatu panca indera
yang digunakan untuk mendengar. Sistem yang terdapat pada telinga yaitu system
auditory yang memiliki kapasitas sangat besar untuk mengumpulkan informasi
lingkungan sekitar. Dapat mendengar objek apa saja yang ada di sekitar dan
memperkirakan kemana objek tersebut akan berpindah.
·
Peraba
Peraba adalah suatu panca indera yang berfungsi untuk
melakukan sentuhan. Manusia menerima stimuli melalui kulit. Kulit memiliki tiga
jenis sensor penerima (sensory receptor), yaitu :
Thermoceptor =merespon panas / dingin
Nociceptor =merespon pada tekanan yang intens, rasa
sakit
Mechanoceptor = merespon pada tekanan
Pada komputer keyboard bisa dikaitkan dengan posisi-posisi bentuk tombol, juga pengoperasian yang memerlukan penekanan, ada yang berat atau malah terlalu ringan.
Dari penjelasan diatas maka dapat saya amil kesimpulan
Usability adalah suatu istilah yang menunjukkan kemudahan manusia untuk
menggunakan suatu alat tertentu atau objek buatan manusia lainnya untuk
mencapai tujuan tertentu.
Komentar
Posting Komentar