tugas 2 usability


USABILITY

Usability (pendayagunaan) adalah suatu istilah yang menunjukkan kemudahan manusia untuk menggunakan suatu alat tertentu atau objek buatan manusia lainnya untuk mencapai tujuan tertentu. Usability juga dapat merujuk pada metode pengukuran pendayagunaan dan kajian prinsip di balik persepsi efisiensi dan keluwesan suatu objek.

Dalam interaksi manusia dan komputer (HCI), usability biasanya merujuk pada keluwesan dan kejelasan interaksi dengan hasil rancangan suatu program komputer atau situs web.


a.      PRINSIP DASAR USABILITY
Di dalam Prinsip Usability terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu diantaranya

·       Human Ability
·       Human Capability
·       Memori
·       Proses
·       Observations
·       penyelesaian masalah.

b.      Kemampuan Manusia
Kemampuan Manusia (Human ability) adalah suatu kemampuan pada manusia, yaitu baik dan buruknya manusia tersebut. Human Abilities terbagi menjadi 2, yaitu :

1. Human ability baik
- Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas
- Durasi LTM tidak terbatas dan komplex
- Kemampuan memahami tinggi
- Mekanisme konsentrasi powerful
- Pengenalan pola pikir powerful

2. Human ability buruk
- Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas
- Durasi STM terbatas
- Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM
- Proses yang cenderung salah
- Proses yang lambat

c.       Proses User Centered Design ( UCD )
UCD ( user Centered Design ) merupakan paradigma baru dalam pengembangan sistem berbasis web. UCD didefinisikan sebagai “efficiencyThe practice of designing a product so that users can perform required operation, service, and supportive tasks with a minimum of stress and maximum of efficiency. Perancangan berbasis pengguna (User Centered design = User Centered Design = UCD) adalah istilah yang yang digunakan untuk untuk menggambarkan filosofi perancangan. Konsep dari UCD adalah pengguna sebagai pusat dari proses pengembangan sistem, dan tujuan/sifat-sifat, konteks dan lingkungan sistem semua didasarkan dari pengalaman pengguna

Gambar 2.2 merupakan gambaran mengenai proses UCD (user centered design)
Gambar 2.2 Proses UCD
Keterangan gambar:
1. Memahami dan menentukan konteks pengguna
2. Menentukan kebutuhan pengguna
3. Solusi perancangan yang dihasilkan
4. Evaluasi perancangan terhadap kebutuhan pengguna.

d.      Kapasitas Manusia ( penginderaan , penglihatan , pendengaran , perabaan )
Kapasitas manusia (Human capability) yaitu mencangkup penginderaan ( mata, telinga, kulit dll), proses informasi,dan sistem motor sendiri. 
·       Mata
Mata adalah suatu panca indera yang berfungsi untuk melihat dan didalam panca indera mata ini terdapat dua tahap konsep penglihatan 
·        Telinga
Telinga adalah suatu panca indera yang digunakan untuk mendengar. Sistem yang terdapat pada telinga yaitu system auditory yang memiliki kapasitas sangat besar untuk mengumpulkan informasi lingkungan sekitar. Dapat mendengar objek apa saja yang ada di sekitar dan memperkirakan kemana objek tersebut akan berpindah. 
·       Peraba
Peraba adalah suatu panca indera yang berfungsi untuk melakukan sentuhan. Manusia menerima stimuli melalui kulit. Kulit memiliki tiga jenis sensor penerima (sensory receptor), yaitu :

Thermoceptor =merespon panas / dingin
Nociceptor =merespon pada tekanan yang intens, rasa sakit
Mechanoceptor = merespon pada tekanan

Pada komputer keyboard bisa dikaitkan dengan posisi-posisi bentuk tombol, juga pengoperasian yang memerlukan penekanan, ada yang berat atau malah terlalu ringan.

Dari penjelasan diatas maka dapat saya amil kesimpulan Usability adalah suatu istilah yang menunjukkan kemudahan manusia untuk menggunakan suatu alat tertentu atau objek buatan manusia lainnya untuk mencapai tujuan tertentu.


Komentar

Postingan Populer