tugas 9 Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi

a. Tipe-tipe Kesalahan
-          Kesalahan Persepsi
-          Kesalahan Kognitif
-          Kesalahan Motor (Gerak)

Tipe-tipe Slip
-          Kesalahan Capture
-          Kesalahan Deskripsi
-          Kesalahan Data Driven
-          Pengaktifan Asosiatif
-          Hilangnya Pengaktifan
-          Kesalahan Mode

 b. Petunjuk Pencegahan Kesalahan
-           Menghapus mode-mode atau menyediakan petunjuk yang terlihat untuk mode-mode tersebut.
-          Gunakan teknik koding yang baik (warna, gaya).
-          Memaksimalkan pengenalan, mengurangi hafalan.
-          Merancang urutan gerak atau perintah yang tidak sama.
-          Mengurangi kebutuhan untuk mengetik.
-          Uji dan memantau kesalahan-kesalahan dan memperbaikinya.
-          Memungkinkan pertimbangan ulang aksi-aksi yang dilakukan oleh user, misalnya memindahkan  file dari recycle bin.

 c. Petunjuk Memperbaiki Kesalahan
-          Menyediakan tipe-tipe tanggapan yang sesuai.
-          Query: bertanya pada user apa yang sudah dilakukan, kemudian melegalkan tindakan yang salah.
-          Menyediakan fungsi “undo” dan pembatalan dari proses yang sedang berjalan.
-          Meminta konfirmasi untuk perintah yang drastis dan bersifat merusak.
-          Menyediakan pengecekan yang beralasan pada masukan data.
-          Mengembalikan kursor ke area kesalahan, memungkinkan untuk melakukan perbaikan.
-          Menyediakan beberapa kecerdasan buatan.
-          Menyediakan akses cepat kepada bantuan untuk konteks-sensitif.

d. JENIS-JENIS DARI DOKUMENTASI/HELP
Tidak pernah suatu penggantian untuk desain tidak baik, tetapi penting.
 Sistem sederhana -> user memanggil dan menggunakannya, berikan nama.
Hampir sebagian sistem dengan banyak fitur membutuhkan help/bantuan.

Jenis-jenis Bantuan
-          Tutorial
-          Review/Referensi yang cepat
-          Manual Referensi (Penjelasan lengkap)
-          Bantuan untuk context-sensitive (spesifikasi tugas)

Ada sebagian pendapat menyatakan bahwa sistem yang interaktif dijalankan tanpa membutuhkan
bantuan atau training. Hal ini mungkin ideal, akan tetapi jauh dari kenyataan. Pendekatan yang lebih membantu adalah dengan mengasumsikan bahwa user akan membutuhkan bantuan pada suatu waktu dan merancang bantuan (help) ke dalam sistem.

sumber : http://sudariagus.blogspot.com/2012/05/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html

Komentar

Postingan Populer